Senin, 23 April 2012

TRIK WARGA THAILAND KETIKA BBM MAHAL



Di Thailand Harga BBM mereka mengikuti harga minyak Dunia, setiap hari rakyat harus melihat harga yang tertera dimonitor yang terpampang disetiap SPBU , ketika Bensin pertamax terlalu mahal maka Pom gasohol akan penuh antrian, dan banyak juga mobil yang memilih pakai Gas Elpiji.
Rakyat Thailand tidak perlu berhuru-hara lagi masalah BBM, dan tidak perlu pusing dengan para politikus kotor yang paling handal menyerang dan mencari –cari alasan untuk menimbulkan huru-hara. Bahkan pada saat muahal-muahalnya banyak yang menyebrang dari Hat yai ke Pulau penang, isi tanki penuh kemudian pulang ke Thailand dengan BBM yang lebih murah. Yang Pasti Rakyat Thailand tidak menjadikan Harga BBM yang naik turun sebagai alasan untuk huru –hara yang menyebabkan ketidakstabilan Negara dimata Dunia.mereka punya masalah tetapi stabilitas adalah Hal yang utama untuk kelangsungan ekonomi yang Dinamis.

Kenaikan Harga Bahan bakar minyak diIndonesia sebenarnya adalah lagu lama yang harus diulang-ulang di Negara Indonesia, kalau dinegara seperti Thailand harga minyak mereka ikut harga minyak Dunia, maka BBM tidak akan pernah menjadi isu lagi.
Perlu juga untuk diketahui oleh kita orang Indonesia
Meskipun harga BBM Di Malaysia masih lebih murah dari Harga BBM Di Singapura dan Thailand tetap saja Harga BBM Di Indonesia jauh lebih murah.
Sayangnya Rakyat (termasuk penulis)yang tidak mengerti masalah ekonomi secara micro dan macro mudah saja membuat isu kenaikan BBM sebagai alasan untuk berhuru-hara. Bahkan Mahasiswa yang demopun mungkin tidak banyak mengerti masalah harga minyak yang banyak menimbulkan dilema yang sangat membuat pusing pemerintah.

Kalau kita sadar , Para koruptor juga berperan dalam Dilema ini,kenaikan harga BBM tidak dapat memiskin rakyat , harga BBM dapat mensejahterakan Rakyat, Jika korupsi dan Birokrasi sudah bersih. Tetapi kalau Negara menunggu bersih dari korupsi , kemudian menaikkan harga BBM dalam negeri , Pemerintah pasti pusing ratusan keliling. Suasana yang masih sulit bagi rakyat kebanyakan memang sulit untuk diperbaiki, tetapi tidak menaikkan harga BBM juga akan menimbulkan masalah besar.
Akhir kata ,Kenaikan Harga BBM akan selalu menjadi program pemerintah , terserah mau dipimpin oleh siapa, partai apa , BBM akan selalu menjadi program yang akan dilakukan, karena Indonesia telah menunda-nunda isu yang satu ini. Di Thailand , masalah ini sudah tuntas, tidak akan menjadi alasan untuk huru-hara lagi.

Untuk Mahasiswa yang ingin huru-hara belajarlah masalah pasar minyak dunia dan hubungannya dengan Indonesia.
Mungkin dengan naiknya Harga BBM Rakyat dan pemerintah mengerti kalau sumber minyak adalah sumber daya alam yang terbatas.pemerintah harus menjadi contoh dan teladan bagi rakyat dalam pengelolaan sumber daya alam minyak, Dengan harga yang mahal setiap orang juga tidak selalu naik kendaraan kemana-mana, diindonesia, jarak 500 meterpun harus naik motor.
Penulis belajar menggunakan sepeda untuk transportasi itu ketika dichina. Jalan kaki berjam-jam itu ketika Di Swiss. Soalnya BBM muahal!

Dikutip dari: Kompasiana


Related Post:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...