Senin, 09 Juli 2012

Resep Capcay Kuah

Menikmati kebersamaan dengan acara berkumpul dan menikmati beragam menu yang Anda hadirkan sendiri memang sangat menyenangkan. Terkadang Kita dihadapkan kebingungan untuk memilih menu yang sehat untuk orang-orang tercinta. Namun, Anda bisa mencoba resep yang satu ini, resep capcay.

Masakan capcay ini, selain terdiri dari beragam sayur dan juga kaya akan protein. Konon kabarnya capcay ini terdiri dari sepuluh jenis sayuran, sudah bisa dipastikan berapa banyak kandungan gizi di dalam masakan capcay ini. Nah, memanjakan lidah anggota keluarga dengan masakan sehat Anda bisa mencoba untuk membuat capcay kuah. Namun, pada resep capcay ini tidak harus menggunakan sepuluh jenis sayuran.

Capcay kuah

Bahan:
1 buah wortel ukuran besar (potong-potong serong)
100 gram kembang kol (potong-potong berdasarkan kuntum)
100 gram sawi manis hijau (potong-potong agak besar)
50 gram kol (potong-potong agak besar)
10 buah bakso (potong-potong empat)
100 gram daging ayam (potong-potong kecil)
1 batang daun bawang (iris agak kasar)
1 buah bawang Bombay ukuran sedang (iris-iris halus)
2 siung bawang putih (cincang halus)
1 cm jahe (iris dan cincang)
1 sdm olive oil
100 ml air
1 buah kaldu blok
1 sdm maizena (larutkan dengan 50 ml air)
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara Membuat:
Panaskan olive oil. Tumis bawang putih dan jahe cincang serta bawang Bombay. Tumis hingga layu dan wangi. Tambahkan daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil, masak hingga si daging berubah warna dan setengah matang. Masukkan wortel, bakso, masak kembali hingga layu, tambahkan air dan beri kaldu blok. Biarkan hingga mendidih. Masukkan kembang kol, sawi manis hijau, potongan kol dan irisan daun bawang. Masak hingga matang, sambil sekali-sekali diaduk. Terakhir tambahkan maizena yang sudah dilarutkan. Tambahkan garam dan gula secukupnya, aduk rata kembali. Angkat dan sajikan.

Masakan capcay ini lebih enak bila disajikan hangat. Penyajiannya bisa dilengkapi dengan nasi hangat. Sajian capcay kuah ini karena sifatnya berkuah, pastinya juga akan disenangi oleh anak-anak. Membiasakan anak-anak menikmati lezatnya sayuran, salah satunya melalui masakan yang lezat.

diposkan oleh: Palamarta Upadiputra



Related Post:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...